Deklarasi dan konferensi pers Aliansi Pembangunan dan Kemanusiaan Indonesia

Deklarasi dan konferensi pers Aliansi Pembangunan dan Kemanusiaan Indonesia

JMK | Bogor, 8 April 2021 diselenggarakan Deklarasi dan konperensi pers Aliansi Pembangunan dan Kemanusiaan Indonesia (AP-KI) atau Indonesian Development – Humanitarian Alliance (IDHA). Sebagai wadah komunikasi dan pergerakan organisasi masyarakat sipil di Indonesia.

Aliansi ini didirikan berdasar keprihatinan atas kesenjangan penanganan dan respon terhadap krisis terkait pembangunan berkelanjutan termasuk pandemi, bencana, dan krisis-krisis lain yang berdampak luas dan mendalam terhadap masyarakat terutama komunitas yang rentan dan terpinggirkan. Ini disebabkan antara lain oleh peraturan perundangan, dan kebijakan pemerintah, penatakelolaan dan pelaksanaan yang belum sepenuhnya berpihak pada komunitas berisiko tinggi, dan kurangnya keselarasan antar sektor dan antara pusat dan daerah. Selain itu, di kalangan masyarakat sipil belum ada konsolidasi, koordinasi, serta keterpaduan gerak.

APKI diinisiasi oleh jaringan-jaringan organisasi masyarakat sipil tingkat nasional, yaitu Forum Organisasi Zakat (FOZ) Humanitarian Forum Indonesia (HFI); Masyarakat Penanggulangan Bencana Indonesia (MPBI); Perkumpulan Organisasi Pengelola Zakat (POROZ); Perhimpunan Filantropi Indonesia (PFI), Sekretariat Jaringan-antar-Jaringan OMS-LSM (SEJAJAR), dan Jejaring Mitra Kemanusiaan (JMK). Aliansi ini menaungi 297 organisasi di lingkup nasional, 600 organisasi di lingkup provinsi, dan 155 perorangan. Rencana baik yang sudah diinisiasi ini diharapkan memulai dalam prosesi advokasi kepada pemerintah untuk memberikan perhatian lebih kepada masyarakat yang selama ini di pinggirkan.

JEJARING MITRA KEMANUSIAAN

#SAVING LIVES NOW AND IN THE FUTURE THROUGH SHARING KNOWLEDGE