Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) Sembalun Inisiasi Peraturan Desa tentang TSBD.

Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) Sembalun Inisiasi Peraturan Desa tentang TSBD.

Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) Sembalun inisiasi Peraturan Desa tentang TSBD. 

Penguatan Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) Melalui Penyusunan Peraturan Desa di Desa Sembalun Lawang dan Desa Sembalun Bumbung Kabupaten Lombok Timur

Sembalun- (18/12/2019)  

Kegiatan Penguatan TSBD melalui Penyusunan Peraturan Desa di Desa Sembalun Lawang dan Sembalun Bumbung dilaksanakan di Balai Adat Sembalun Bumbung. Kegiatan ini melibatkan Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), dan TSBD Sembalun Bumbung dan Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. 

Kegiatan Penguatan TSBD yang melibatkan 2 desa di Kecamatan Sembalun ini merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman serta kompetensi Pemerintah Desa, BPD dan khususnya TSBD Sembalun Lawang dan Sembalun Bumbung. Selain itu, dalam proses kegiatan yang dilaksanakan oleh KONSEPSI NTB bekerjasama dengan OXFAM bersama ANCP (Australian NGO Corporation) di Indonesia atas dukungan DFAT (Australian Government Departement of Foreign Affair and Trade) menekankan untuk mengajak Pemerintah Desa, BPD dan TSBD dalam rangka melakukan penyusunan Peraturan Desa tentang Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) di Desa Sembalun Lawang dan Desa Sembalun Bumbung. 

Berdasarkan proses kegiatan ini akan ditindak lanjuti untuk membentuk Tim Kecil Penyusunan Peraturan Desa yang melibatkan Pemerintah Desa, BPD dan TSBD yang akan didampingi oleh Konsepsi NTB. Pemerintah Desa, BPD dan TSBD menyambut baik rencana penyusunan Peraturan Desa tentang Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) ini. Pertimbangan bahwa wilayah Sembalun secara geografis memiliki multipotensi kebencanaan baik banjir bandang, gempa bumi, tanah longsor, gunung meletus bahkan juga kekeringan karena terjadinya proses perubahan iklim saat ini. Peserta yang hadir mengharapkan adanya pendampingan secara berkelanjutan serta didukung dengan sumber acuan yang baku sehingga aturan yang terbentuk dapat dipahami bukan hanya untuk TSBD namun juga masyarakat Sembalun secara umum. 

By Konsepsi - Program ICDRC OXFAM